APA VALUE YANG ANDA TAWARKAN?

Oleh: t.me/UniversitasRisetOnline

Pada hakikatnya semua yang terjadi di dunia ini adalah transaksional alias jual beli. Namun dalam hal ini bukan melulu tentang jual beli barang. Tidak jarang yang diperjual belikan adalah NILAI atau VALUE.

Sejak MODUL 1 di kelas MTR dibagikan, kita  belajar bahwa Reseller bukanlah bawahan. Mereka bebas datang dan pergi sesuka hati.  Mereka mau kencang atau memble jualannya, ya suka-suka mereka. Bahkan mereka mau join di Program Reseller kita pun pilihan mereka juga.

Oleh karena itu sedari awal, VALUE yang kita tawarkan harus sudah jelas. Ini menjadi semacam pengikat mereka nantinya. Hal yang akan membuat mereka betah dan loyal.

Maka PR pertama dari seorang Team Leader adalah menentukan apa VALUE yang ditawarkan dan mulai mengomunikasikannya, bahkan sebelum rekrutmen reseller dimulai.

Saya mengamati, VALUE ini terbagi dalam beberapa bagian, antara lain:
- Value pada PRODUK
- Value pada SISTEM RESELLER
- Value pada TEAM LEADER

Jika dituangkan dalam bentuk pertanyaan, akan menjadi:

1. Apa yang membuat produk kita unggul dan lebih baik dibandingkan produk sejenis di pasaran?

2. Kenapa calon Reseller harus memilih Program Reseller yang kita miliki, ketimbang  program sejenis yang banyak bertebaran di luaran sana?

3. Kenapa mereka harus MEMILIH ANDA sebagai team leadernya?

Jika ketiga hal ini belum Anda temukan jawabannya, maka apa yang akan Anda komunikasikan dalam bentuk promosi pada calon reseller bahkan calon konsumen?

Sementara itu, jika tidak dikomunikasikan dengan jelas, maka mereka tidak akan mengetahui apa keuntungan menjadi team reseller Anda. Kalau sudah begini, rasanya cuma mimpi bisa punya tim reseller yang gigih, solid, dan loyal.

Maka kembali pada judul di atas, apa VALUE yang bisa Anda tawarkan?

#MTR
.
.